Tips Dasar Untuk Interview Pemula


Pertama-tama Ane ucapkan terimakasih buat yang udah nyimak tulisan ini. Love u pokonya wkwk

Pandangan dan pikiran ane tertuju pada realita keadaan yang terjadi saat ini khususnya di Negara kita tercinta. Ini merupakan sesuatu yang sudah tak aneh lagi mungkin semua udah pada tau trouble yang saat ini terasa yaitu Pengangguran atau Pengacara dalam artian (Pengangguran banyak Acara) yaa begitulah bukan maksud menyinggung maaf banget nih cuma mau sharing2 aja gtu gaiis..

Ane memang belum lulus kuliah sih hehe cuma pengen sharing pengalaman Ane pernah berusaha pengen cari kerja buat nambah2 uang jajan dan kuliah sebenernya terus coba ngelamar-lamar gitu. Jika kita ngelamar (Perusahaan ya bukan doi wkwk) kadang pernah ada panggilan buat interview but wait buat yang masih awam nih sebenernya apa itu Interview ???
 
Secara umumnya sih interview itu wawancara antara pencari kerja yang terpilih dengan orang perwakilan perusahaan biasanya HRD dan manajer/supervisor dari perusahaan baik secara lisan maupun tulisan. Tapi biasanya wawancara itu secara lisan sih kalo dikasih tulisan biasanya semacam test psikologinya gitu.

Beberapa diantara kalian pasti pernah mengalami momen pertama kalinya merasakan kursi panas interview. Yang namanya Momen pertama atau Pengalaman Pertama biasanya merupakan hal yang tak akan pernah terlupakan tsaah sebagaimana Jatuh Cinta kalo Pertama itu Unfogetable banget kan bukan karna orangnya tapi karna rasa yang kita alami jadi sebenernya yg kita kangenin itu reaksi indah dari cinta yg kita rasakan bukan gagal Move on dari orangnya yaa, CATET ITU hahaa yaah jadi baper... Asudahlah jadi Melenceng dari tema, Back to topic

Beberapa hal yang perlu diketahui pemula saat Interview Kerja :
1. Perhatikan Pakaian
Dalam segi berpakaian tentu harus rapi, bersih, sopan dan matching. Tidah semua perusahaan mengharuskan penggunaan hitam putih. Jangan sampe salah kostum ya guys alangkah lebih baik sebelum interview cari tahu dulu maunya perusahaan seperti apa.

2. Gunakan Sepatu tertutup
Lebih baik pakai sepatu tertutup seperti Pantofel supaya lebih sopan dan kesannya kita menghargai perusahaan dan niat banget buat dapet kerjaan. Terkadang ada perusahaan tertentu yang mengharuskan pakai sepatu tertutup bahkan tidak boleh masuk kalo cuma pake sandal.

3. Fresh dan wangi
Meskipun udah panas-panasan dan macet-macetan dijalan demi sampe tujuan. Ketika interview usahakan jangan sampai pihak perusahaan mencium bau-bauan alamiah tubuh kita. Karenanya jangan lupa pakai deodoran, parfum (jangan kebanyakan jg ya biar ga menyengat) dan mandi yang bersih. Kalo bisa bawa aja handbody dan parfum di tas anda. Kalo ada yang punya masalah dengan bau badan membandel, bisa gunakan ramuan tradisional yang aman.

4. Berusaha untuk tampil percaya diri dan meyakinkan
Ketika sesi wawancara dimulai usahakan untuk percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki dan bisa meyakinkan diri sendiri bahwa kita layak untuk dipilih dan bekerja di perusahaan itu. Dengan begitu, kita akan bisa untuk meyakinkan orang lain atau yang menginterview kita. Segalanya dimulai dari diri sendiri.

5. Tegas dan usahakan tidak terbata-bata atau terkesan ragu saat menjawab pertanyaan
Buang jauh-jauh rasa grogi, berusaha tenangkan diri supaya kita bisa fokus untuk mencerna dan menjawab pertanyaan dengan tegas juga meyakinkan. Bulatkan keinginan dan keyakinan anda bahwa anda benar-benar layak untuk  bisa berkontribusi diperusahaan tersebut. Jangan minder pokonya Pede ajalah.

6. Aktif bertanya sebagai bentuk antusias anda terhadap perusahaan
Ketika interview biasanya kita diberi waktu untuk bertanya. Gunakan momen tersebut untuk kita bertanya seputar hal perusahaan ya guys. Karenanya lebih baik kita googling dulu tentang perusahaan itu supaya kita punya pemahaman lebih.

7. Berjabat tangan sebelum dan setelah interview
Sebagai bentuk sikap kesopanan kita kepada pihak yang menginterview kita, sebelum dan sesudah wawancara sebaiknya kita berjabat tangan ya bukan cipika cipiki atau salam seperti ibu guru pada muridnya hehe.. Jangan nyelonong aja kaya bebek lewat dan jangan lupakan juga senyum manis dan ucapan terima kasihnya guys.

Beberapa hal diatas sedikit tips interview dari ane. Jangan lupa juga banyakin berdoa diimbangi dengan usaha sebaik dan semaksimal mungkin. Setelah itu kita serahkan aja semuanya sama Allah SWT semoga aja dikasih jawaban terbaik atas usaha dan doa kita.. Aamiin

Maaf kalo tulisan ane belum sempurna, yang mau ngasih saran atau tambahan dipersilahkan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kesalahan Berbahasa Pada Spanduk, Poster Himbauan dan Papan Nama Toko di Kota Bandung