Apa saja yang dipelajari Jurusan Administrasi Bisnis ?


Assalamu’alaikum wr. wb


Sebelumnya terimakasih sudah mau nengok blog ini, saya mau sharing sedikit tentang pengalaman saya berkuliah di jurusan Administrasi Bisnis. Semoga bermanfaat meskipun masih jauh dari kata sempurna karena kesempurnaan cuma milik AllahSWT
Hello ladies and gentlement,
Perkenalkan saya gadis kelahiran Bandung yang sekarang sedang berjuang di semester akhir. Ketertarikan saya dengan Administrasi Bisnis, membawa saya ditahun 2014 untuk bergabung ke Fakultas Ilmu Komunikasi dan Administrasi program studi Administrasi Bisnis. Administrasi Bisnis masuk ke ranah pengetahuan sosial, berbeda dengan Manajemen yang masuk golongan fakultas Ekonomi. Mengapa demikian? Karena di Administrasi Bisnis kita juga akan belajar Sistem Politik dan Sosiologi.

Tak sedikit yang memahami Administrasi Bisnis dalam arti yang sempit. Orang terkadang fokus dengan kata Administrasi yang dikaitan dengan kegiatan mencatat, pembukuan dasar, surat-menyurat dan sebagainya yang berkaitan dengan ketatausahaan. Itu sama sekali tidak benar karena Admininstrasi Bisnis lebih luas dari itu. Lalu muncul juga pertanyaan “Administrasi Bisnis atau Niaga”?

Tidak ada yang salah dengan binis maupun niaga karena keduanya bagai kembaran yang sulit dibedakan. Menurut KBBI Niaga merupakan kegiatan jual beli dan sebagainya untuk memperoleh untung; dagang. Sedangkan Bisnis menurut KBBI merupakan usaha komersial dalam dunia perdagangan; bidang usaha; usaha dagang. Menurut pengamatan saya, kata bisnis lebih digunakan untuk saat ini karena melihat pengertiannya yang lebih luas.

Administrasi Bisnis juga kadang dikatakan mirip dengan Manajemen. Memang keduanya sama-sama memiliki konteks dalam hal pengelolaan tapi sebenarnya ada perbedaan mendasar. Administrasi dalam bisnis bertugas menentukan setting bagi perusahaan untuk mencapai kemajuan organisasi. Sedangkan Manajemen merupakan fungsi organisasi yang bertugas melaksanakan kebijakan sesuai dengan batas yang ditetapkan Administrasi untuk menggerakan sumber daya organisasi kepada tujuan yang diharapkan. Oleh karena kesamaan keduanya dalam pengelolaan organisasi secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan, jadi dalam penerapannya Administrasi Bisnis dan Manajemen tidak dapat dipisahkan hanya kegiatannya yang dapat dibedakan.


Apa yang dipelajari ?
Pada semester awal biasanya kita akan diberikan mata kuliah dasar seperti Sosiologi, Pengantar Ilmu (Administrasi, Politik, Ekonomi), Pendidikan Agama, Bahasa dan Matematika Bisnis. Mata kuliah dasar diperlukan untuk memperkenalkan inti pembelajaran sebelum mahasiswa bergelut di mata kuliah yang lebih kompleks.

Pada semester berikutnya kita juga akan bertemu dengan yang namanya hitungan seperti Akuntansi, Manajemen keuangan, Analisis Laporan Keuangan, dan Statistika. Bukan maksud bikin takut para anti pelajaran hitungan karena jujur, saya juga kurang suka dengan pelajaran berhitung cuma berusaha menikmati karena yang namanya bisnis pasti harus tau cara mengelola keuangan supaya lebih terkonsep. Jangan stres dulu sobat, karena kita juga akan belajar Manajemen SDM, Administrasi Perkantoran, Manajemen Pemasaran, Sistem Informasi Manajemen, Etika Bisnis, Bisnis Internasional dan sebagainya. Kita juga akan belajar Teori Pengambilan keputusan meskipun katanya teori ternyata ujung-ujungnya hitungan, lalu kita juga belajar Pasar Modal yang bikin kita jadi mengerti apa itu investasi dan bagaimana menganalisis saham dengan metode Teknikal dan Fundamental. Kewirausahaan bakalan kita pelajari karena tentu Administrasi Bisnis juga bertujuan mempersiapkan mahasiswanya supaya mempunyai mental dan semangat berwirausaha.


Biasanya alumni kerja dimana setelah lulus ?
Administrasi bisnis mempersiapkan mahasiswanya untuk menjadi seorang pengelola bisnis yang handal. Untuk kedepannya tergantung pilihan masing-masing. Ada yang ingin menjadi entrepreneur yang mengelola usahanya sendiri tapi lulusan ini juga bisa menempatkan mahasiswanya untuk kemudian bekerja di Perusahaan Swasta, BUMN, Perusahaan Multinasional, dan Perbankan. Jurusan ini memberikan pengetahuan yang cukup luas mengenai bisnis sehingga jurusan ini juga terbuka untuk lulusannya mengamalkan ilmu sebagai dosen pengajar dengan syarat melanjutkan pendidikan hingga S2.


Thank you for your kindly attention :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kesalahan Berbahasa Pada Spanduk, Poster Himbauan dan Papan Nama Toko di Kota Bandung