HUBUNGAN INFLASI, MATA UANG, EMAS DAN PERAK



INFLASI, MATA UANG, EMAS DAN PERAK



INFLASI
Merupakan suatu keadaan perekonomian dimana harga-harga secara umum mengalami kenaikan dalam waktu yang panjang. Inflasi merupakan gejala ekonomi yang tidak pernah dapat dihilangkan dengan tuntas. Usaha-usaha yang dilakukan biasanya hanya sebatas mengurangi dan mengendalikannya.
Penyebab Inflsi yaitu :
·         Kenaikan permintaan akan beberapa jenis barang yang mengakibatkan harga-harga naik;
·         Inflasi akrena biaya produksi yang naik, dapat terjadi akibat harga bahan baku naik, naiknya BBM atau karena serikat buruh yang upahnya dinaikkan;
·         Inflasi karena jumlah uang yang beredar bertambah. Bila jumlah barang itu tetap sedangkan uang yang beredar bertambah dua kali lipat maka, harga barangpun akan naik dua kali lipat.

MATA UANG
Merupakan sesuatu yang tersedia secara umum, diterima sebagai alat pembayaran yang sah bagi pembelian barang maupun jasa serta kekayaan lainnya.
Fungsi Uang :
·         Sebagai alat tukar yang mempermudah pertukaran;
·         Uang sebagai satuan hitung : Menunjukkan nilai dari barang/jasa dan sebagai satuan hitung yang memudahkan;
·         Sebagai alat penyimpan nilai.

PENGARUH EMAS TERHADAP MATA UANG
Emas merupakan salah satu logam yang paling banyak dibicarakan karena emas memiliki peranan penting dalam dunia investasi maupun untuk konsumen. Meskipun emas dan perak tidak lagi digunakan sebagai mata uang utama di Negara maju, namun emas memiliki dampat yang kuat pada nilai mata uang. Emaspun memiliki korelasi kuat dengan nilai dan kekuatan perdagangan mata uang di bursa asing.
Untuk menggambarkan hubungan antara emas dan perdagangan valuta asing maka, dipertimbangkan aspek berikut :
·         Emas pernah digunakan untuk membuat cadangan mata uang fiat (berbagai mata uang asing yang doanggap legal di Negara asal mereka);
·         Uang digunakan untuk nilai lindung terhadap inflasi;
·         Harga emas mempengaruhi Negara-negara mengimpor dan mengekspor emas;
·         Pembelian emas cenderung mengurangi nilai mata uang yang digunakan untuk membeli;
·         Harga emas sering digunakan untuk mengukur nilai sebuah mata uang lokaltetapi ada pengecualian. Contohnya : Jika ada permintaan tinggi dari industry yang membutuhkan emas untuk produksi, hal ini akan mengakibatkan harga emas naik. Tapi ini mungkin tidak berpengaruh apa-apa terhadap mata uang local pada saat yang sama. Jadi sementara harga emas sering dapat digunakan sebagai refleksi dari nilai dollar AS.

Emas dan perak, terutama emas memiliki dampak yang mendalam pada nilai mata uang dunia. Meskipun standar emas telah ditinggalkan, emas sebagai komoditas dapat bertindak sebagai pengganti mata uang dan digunakan sebagai pelindung nilai efektif terhadap inflasi. Tidak ada keraguan bahwa emas akan terus memainkan peran integral dalam pasar valuta asing.

DAMPAK INFLASI TERHADAP NILAI UANG
Inflasi memiliki dampak positif apabila inflasi itu ringan dalam arti dapat mendorong perekonomian lebih baik yaitu meningkatkan pendapatan nasional dan membuat orang bersemangat untuk menabung dan berinvestasi. Sebaliknya, inflasi parah yaitu pada saat terjadi inflasi tak terkendal, keadaan perekonomian kacau. Para penerima gaji tak dapat mengimbangi antara pendapatannya dan harga kebutuhan yang sangat tinggi.
Secara umum, inflasi dapat mengakibatkan berkurangnya investasi di suatu Negara, mendorong kenaikan suku bunga, mendorong penanaman modal yang bersifat spekulatif, kegagalan pelaksanaan pembangunan, ketidakstabilan ekonomi, deficit neraca pembayaran, dan merosotnya tingkat kehidupan dan kesejahteraan masyarakat.

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HARGA EMAS
Faktor terpenting yang mengatur harga emas adalah nilai US dollar. Dollar AS yang lebih kuat akan menjaga harga emas terkendali dan rendah. Pelemahan Dollar akan mempengaruhi harga emas melambung tinggi. Ekonomi AS memainkan peranan penting dalam membentuk makro ekonomi dunia. Ketika dollar mulai goyah dan tidak bisa menjanjikan kestabilannya maka banyak orang menimbun emas. Cadangan emas yang tinggi akan memperkuat perekonomian nasional dan perlindungan nilai terhadap inflasi.
Banyak yang kurang menyadari bahwa permintaan yang berlebihan terhadap emas juga akan memberikan dampak yang sama yaitu inflasi. Ketika banyak permintaan akan emas melonjak maka peredaran uang di pasar juga akan meningkat. Inilah yang memulai indikasi inflasi.
Namun kenyataannya kenaikan harga emas merupakan hal yang tidak dapat dihindari. Dapat terjadi karena meningkatnya biaya produksi di pertambangan emas, memburuknya situasi politik, harga minyak meningkat tajam, penurunan produksi pertambangan emas. Populasi penduduk dunia yang terus meningkat dan penurunan produksi pertambangan emas yang terjadi akan mempengaruhi keinginan manusia untuk menimbun emas guna mengamankan asset kekayaan yang mereka miliki, semakin mempengaruhi harga emas dari masa ke masa.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kesalahan Berbahasa Pada Spanduk, Poster Himbauan dan Papan Nama Toko di Kota Bandung